STANDAR PRODUK INTERNASIONAL ( ISO ) DAN NASIONAL BPOM - HALAL MUI. SELURUH GAMBAR SERTIFIKASI LEGALITAS KLINIK DE NATURE INDONESIA DAPAT KAMI INFOKAN MELALUI CHATTING WHATSAPP - LINE JUGA SEBAGIAN TESTIMONI PERKEMBANGAN PASIEN BESERTA HASIL LABORATORIUM SETELAH KONSUMSI OBAT DE NATURE BUKTI RESI KIRIMAN LUAR NEGERI DAN DALAM NEGERI YANG BISA DICEK SECARA ONLINE SEBAGAI REFRENSI PAKET TELAH SAMPAI TUJUAN
Beranda » 33 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh (Termasuk Bagi Pasien HIV AIDS)

33 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh (Termasuk Bagi Pasien HIV AIDS)

Berbicara soal bagaimana cara meningkatkan daya tahan tubuh yang optimal dengan maksud agar tidak mudah sakit artinya jasmani dalam kondisi selalu fit tanpa gangguan kesehatan berarti. Tentu lekat kaitannya dengan gaya hidup sehat, cuaca, pola pikir positif, jenis baik tidaknya makanan atau asupan (fast food atau cepat saji, olahan, makanan alami ‘vegetarian’) yang setiap harinya dikonsumsi dan seterusnya. Termasuk juga bagi pengidap penyakit HIV AIDS info ini sangat relevan mengingat keakraban kata antara sistem imun dengan sebutan CD4 CD8 (sebutan dalam istilah medis) berkorelasi erat.

Selain itu ‘apa apa saja’ penyebab yang dapat mempengaruhi terhadap kinerja dari sistem ketahanan tubuh? gejala yang akan ditimbulkan apabila benar – benar dialami, mengapa kemampuan tubuh dalam menangkal berbagai macam penyakit akibat (virus – bakteri – kuman – toksin – parasit dll) berperan tidak begitu maksimal atau sebagaimana mestinya?

Sederet rentetan persoalan tadi tentu akhirnya menggugah rasa keingintahuan yang memerlukan jawaban ideal agar lebih mudah mengantisipasi sekaligus memberi solusi tepat dan cepat dalam menghadapinya andai sewaktu – waktu berlaku pada diri seseorang.

cara meningkatkan daya tahan tubuh odha (image cnn indo)

Setelah menemukan jawaban dari persoalan tadi nantinya pembahasan akan berlanjut ke perihal yang juga perlu diketahui bahkan merupakan point utama dari topik ‘cara meningkatkan daya tahan tubuh’ kali ini, oleh siapapun ketika sedang mengalami pelemahan sistem imun berupa tips pola hidup seimbang dan sejumlah faktor penting dalam menguatkan ketahanan tubuh agar mencapai pada titik normal (stabil/aman) seperti yang berlaku umumnya orang biasa. Tak terkecuali bagi individu yang tengah mengidap penyakit hiv aids (odha) dimana mayoritas memahami nilai atau jumlah minimum dari kadar sel T alias CD4 (sel darah putih) yang berfungsi sebagai perisai antibody utama agar tetap dalam kondisi normal ‘sehat’.

Menyesuaikan data dari badan kesehatan dunia (WHO) ataupun kesepakatan para dokter spesialis penyakit yang dipicu virus berbahaya hiv melalui penelitian secara ilmiah sejak lama, disebutkan bahwa jumlah atau nilai normal sel CD4 berada pada kisaran 500 – 1200 cel/mm3. Jadi lebih jelasnya apabila kadar sel darah putih menunjukkan nilai kurang dari 500 maka menandakan sistem immun dari orang tersebut telah mengalami gangguan serius baik itu berupa serangan virus, bakteri, atau sejenisnya. Salah satu contoh biasanya dialami rata – rata pasien penderita hiv aids.

↓ BACA JUGA :
Apakah Virus Hiv Bisa Disembuhkan
Vitamin Daya Tahan Tubuh & Penambah Nafsu Makan

Baiklah tanpa berpanjang lebar lagi admin coba langsung merangkum satu demi satu penjelasan untuk tema cara meningkatkan daya tahan tubuh, kita mulai dari :

PENYEBAB DAYA TAHAN TUBUH LEMAH

Kerja sistem imun merupakan benteng pusat dalam menjaga tubuh manusia dari ‘gempuran’ berbagai jenis infeksi penyakit atau virus yang berusaha keras menerabas kokohnya pertahanan solit tersistematis. Sedangkan kemampuan tersebut tidak serta merta diperoleh begitu saja melainkan harus ada upaya konstan dan kesadaran diri tinggi akan pentingnya memelihara kesehatan. Berikut ini beberapa penyebab mengapa sistem ketahanan tubuh menjadi lemah sehingga mudah sakit :

• Berlebihan Minum Alkohol
Minuman beralkohol alias minol ialah jenis minuman yang didalamnya mengandung etanol (bahan psikoaktif dapat menimbulkan penurunan kesadaran). Dampak minum alkohol seperti gangguan paru – hati – jantung – perut – pencernaan, kerusakan otak, resiko kanker, antibody melemah dll. Adapun daftar minuman beralkohol seperti vodka, sampanye, rum, sake, bir, brendi, wiski, jegermeister, anggur, dst.

Minum Kopi Berlebihan
Menikmati hidangan secangkir kopi bagi kebanyakan orang merupakan kebiasaan yang sukar untuk ditinggalkan dan menjadi gaya hidup sehari – hari terlebih saat pagi dan malam musim dingin dengan dalih memberi rasa hangat. Selain itu dapat menghilangkan rasa kantuk ketika sedang menyelesaikan suatu pekerjaan. Namun perlu diingat bahwa kopi juga memiliki efek tertentu bagi tubuh misalnya : kolesterol, sakit kepala, tekanan darah/hipertensi, masalah imun, asam lambung, resiko serangan jantung dan stroke, dehidrasi, kesehatan janin, tulang, dsb.

• Pemakaian Obat Terlarang
Mendengar dari penyebutannya saja (terlarang) tentu otomatis akan terpintas atau memberikan pengertian bahwa semua jenis obat yang masuk dalam daftar menyandang predikat sebagai sesuatu yang tidak diizinkan alias ilegal untuk dikonsumsi karena pastinya akan menimbulkan pengaruh buruk pada kesehatan penggunanya termasuk melemahkan kekebalan tubuh. Berikut list obat – obatan terlarang : shabu/methamphetamin, nipam, kokain, heroin/putau, ekstasi, pil koplo, ganja/marijuana, morfin, dll.

• Stres Berkepanjangan
Dalam kondisi stres umumnya orang akan mengalami gelisah, berpikir negatif, merasa kesepian, emosi sulit terkontrol, menjadi pemarah, suasana hati dan pikiran selalu tidak tenang, dan sebagainya. Stres berkepanjangan bisa berdampak buruk pada hampir semua sendi kehidupan diantaranya apa yang telah disebutkan tadi termasuk menimbulkan beberapa gejala seperti : Tanda Perbuatan (kurang berbaur, kerap melalaikan pekerjaan, bermalas – malasan, banyak atau sedikit tidur, kerap melakukan tabiat aneh, kurang/banyak makan). Tanda Fisik (gairah seks menurun, detak jantung lebih cepat, nyeri bagian dada, mudah flu, pusing, mual, sembelit, diare, imun melemah). Tanda Otak/Mental (selalu menilai negatif, kehilangan konsentrasi, gangguan ingatan, khawatir berlebihan). Tanda Emosi (gangguan emosi dan mental, mudah marah, sering sedih, perasaan rendah diri, merasa sendiri)

• Kurang Tidur Atau Istirahat
Selama ini banyak dari kita yang beranggapan jika kurang jam tidur hanya akan berdampak pada rasa kantuk yang berlebihan sehinga menganggu rutinitas penting sehari – hari apalagi menyangkut pekerjaan atau tugas akademis. Nyatanya tidak cukup disitu kerugian yang bakal diterima namun ada yang lebih mengkhawatirkan lagi khususnya masalah kesehatan, berikut ulasannya : terjadi penuaan dini, libido dan hormon seksual menurun, mudah lupa, rentan sakit sebab imun melemah, resiko serangan jantung, kanker, obesitas, diabetes, gangguan mood dan gairah, dan sebagainya.

• Kurang Aktif  Atau Berolahraga
Berlaku terhadap siapa saja yang menjalani hari demi hari tanpa memperhatikan kesehatan jasmani melalui olahraga tentu menyebabkan salah salatunya sistem imun yang menurun. Pentingnya olahraga rutin memberikan banyak manfaat buat tubuh  salah satunya mengoptimalkan peran sel darah putih neutrofil.

• Over Aktifitas
Memforsir atau memaksakan fisik untuk menyelesaikan suatu pekerjaan secara berlebihan tentu akan memberi efek negatif bagi tubuh.

• Dehidrasi
Secara harfiah sekilas menimbulkan keraguan untuk kata dehidrasi jika dilihat relevansinya, akan tetapi realita yang ada bahwa kurangnya cairan merupakan salah satu penyebab kemampuan imun tubuh menjadi lemah. Peran air dalam tubuh manusia sangatlah vital mengingat masing masing organ dan jaringan bergantung pada air dimana membantu membawa mineral dan nutrisi ke sel. Konsumsi 8 gelas air sehari sangat dianjurkan buat kesehatan.

• Asupan Nutrisi Tidak Terpenuhi
Nutrisi sering juga disebut gizi merupakan zat yang terkandung dalam makanan sehat yang diproses oleh tubuh guna mengoptimalkan proses pertumbuhan atau perkembangan organ tubuh. Nutrisi dihasilkan melalui pemecahan sari-sari makanan oleh sistem pencernaan manusia. Kategorisasi nutrisi menjadi 2 bagian yaitu mikronutrisi (vitamin – air – mineral) dan makronutrisi (protein – lemak – karbohidrat).

CIRI DAYA TAHAN TUBUH LEMAH

• Sering Jatuh Sakit
Akibat dari penurunan sistem imunitas berdampak mudahnya tubuh diserang berbagai jenis penyakit sehingga terjadi masalah kesehatan baik kategori sakit ringan maupun serius.

• Berat Badan Bisa Bertambah Atau Berkurang
Ada beberapa jenis infeksi virus yang menjadikan seseorang terkena penyakit tertentu misalnya flu babi (bobot tubuh penderita biasanya cenderung bertambah) sedangkan hiv aids (pasien umumnya akan menghadapi fase dimana berat badan berkurang drastis lantaran gejala berupa diare berbulan-bulan dan masalah nafsu makan).

• Suhu Tubuh Rendah
Pada saat perubahan cuaca ekstrem atau tidak menentu terkadang reaksi suhu tubuh kurang cepat dalam menyesuaikan dengan kondisi tersebut. Ketidaknormalan suhu tubuh menandakan adanya masalah dengan sistem imun. Nah, supaya kemampuan imunitas tetap kuat maka sebaiknya selalu menjaga kestabilan suhu tubuh yakni tidak berada dibawah 36 derajat celsius, bukan tanpa alasan mengingat apabila suhu tubuh menyentuh angka 32 derajat cc maka kemungkinan berkembangnya beberapa jenis virus flu akan lebih mudah.

• Badan Lemas Tidak Bergairah
Salah satu sinyal bahwa adanya masalah pada sistem imunitas tubuh ialah fisik yang mudah kelelahan, loyo, tidak bersemangat padahal selalu disiplin dalam memanfaatkan jam tidur dan istirahat.

• Daya Konsentrasi Menurun
Hampir setiap orang memiliki rutinitas dan profesi berbeda dalam menjalani kehidupan masing masing, tentunya  butuh atau dituntunt untuk bisa fokus dan konsentrasi maksimal agar mendapatkan hasil sesuai yang diharapkan. Lain halnya jika kemampuan fokus mengalami penurunan maka resiko kemungkinan gagal bisa saja terjadi. Nah, salah satu faktor daya konsentrasi berkurang ialah sistem imun, selain dari faktor emosional (banyak pikiran, galau, cemas berlebihan, tekanan batin kronis, dst).

• Alergi
Alergi merupakan bentuk reaksi abnormal sistem imun dalam merespon benda yang dianggap asing dan tidak diinginkan keberadaannya oleh tubuh manusia seperti zat berbahaya ataupun nonberbahaya. Jika seseorang mudah mengalami alergi misalnya dari makanan, obat, debu, air, atau bahkan lingkungan baru maka ini merupakan isyarat bahwa kondisi kemampuan sistem imun dalam keadaan tidak baik.

• Pembengkakan Kelenjar
Suatu infeksi virus atau bakteri dari jenis penyakit tertentu biasanya pada bagian organ tubuh yang terinfeksi tadi akan mengalami pembekakan, hal ini bisa terjadi faktor lemahnya sistem kekebalan tubuh.

• Masalah Kesehatan Usus
Sebagian orang ternyata tidak sedikit yang masih menganggap sepele peran vital dari organ pencernaan satu ini, mungkin karena belum pernah mengalami masalah serius pada kesehatan ususnya. Padahal fakta menyebutkan bahwa 75% lebih kualitas sistem imun tubuh ditentukan oleh usus. Komparasi jumlah bakteri yang ada dalam usus ketimbang organ tubuh lainnya justru jauh lebih besar (puluhan kali lipat) bahkan diperkirakan ribuan milyard bakteri.

• Jarang Panas ‘Demam’
Agak unik memang saat tahu fakta yang sebenarnya bahwa daya tahan tubuh dianggap bermasalah apabila seseorang jarang mengalami sakit panas (demam) yang tadinya mengira kebalikan dari informasi tersebut. Ko’ bisa ya…? alasannya karena suhu panas tubuh melebihi dari biasanya adalah termasuk cara atau bentuk reaksi dari sistem imun dalam melawan infeksi bakteri atau virus. Jadi jangan senang dulu ya…  (:  bila kita lama tidak mengalami demam bahkan sampai menahun bisa jadi pertanda sistem kekebalan tubuh dibawah performa terbaiknya.

BERIKUT 33 CARA MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH

Beberapa tips atau cara meningkatkan daya tahan tubuh yang baik dan benar serta tentu saja mudah untuk dilakukan secara mandiri alias dapat diterapkan hanya dengan tetap berada di rumah tanpa harus ‘berepot ria’ datang ke salah satu konsultan spesialis penyakit dalam.

Selain dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh melalui metode alami seperti (makanan, tanaman herbal, sayuran, buah buahan) ada pula berupa cara nonalami. Seperti apa ya… yuk simak aja langsung :

1. Minum Air Putih
Pakar kesehatan atau dokter sangat menganjurkan untuk mengkonsumsi air putih yang terbaik adalah 8 – 9 gelas perhari, itu merupakan jumlah takaran ideal minum air yang diperlukan bagi tubuh manusia. Ada waktu – waktu tertentu yang paling tepat atau direkomendasikan untuk meminun air diantaranya pada pagi hari setelah bangun tidur 1 – 2 gelas, 1 gelas sebelum tidur, minum air lebih banyak dari biasanya ketika sakit – sebelum dan setelah olahraga, 1 gelas setengah jam sebelum makan.

cara meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah (image akurat.co)

2. Tidur Berkualitas
Tak dapat dipungkiri hampir semua orang akan berpendapat senada bahwa tidur yang cukup dan berkualitas merupakan salah satu obat terampuh dalam menghadapi berbagai tantangan hidup, opini ini tersusun menjadi kalimat penegas yang punya alasan kuat dimana andai saja seseorang sudah berdisiplin dalam pola makan, olahraga teratur, akan tetapi tidak dibarengi dengan jumlah jam tidur ‘istirahat’ yang ideal (7 – 8 jam sehari) maka dalam pengambilan keputusan atau menyelesaikan persoalan apalagi yang bersifat urgensi biasanya hasil yang dicapai masih kurang maksimal. Selain itu sebagai kunci untuk kesehatan fisik dan mental seseorang. Istirahat merupakan kebutuhan biologis bagi manusia dan tentu saja termasuk semua makhluk hidup lainnya. Tubuh manusia membutuhkan istirahat yang cukup guna menghilangkan rasa lelah lantaran menjalani kegiatan padat sehari – hari. Dan yang terpenting bahwa tidur berkualitas termasuk salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh bagi siapapun meski selama ini tidak sedikit yang menyepelekannya.

cukup tidur merupakan salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh (image kumparan)

3. Madu
Seperti yang telah kita ketahui asal dan bagaimana proses madu itu dihasilkan…! ya… asal dan bagaimana madu dihasilkan melalui makhluk hidup bernama lebah yang diciptakan tuhan sangat luar biasa. Lebah dibagi menjadi tiga koloni ‘kawanan binatang’, pertama betina, yang kedua jantan dan ketiga koloni ratu. Adapun koloni betina bekerja mencari madu sedangkan koloni jantan bekerja untuk mengawini ratu lalu ratu sendiri menjalani tugas dengan bertelur. Madu bisa dibilang farmentasi dari nektar (cairan manis bunga) yang dikumpulkan lebah pekerja dengan media kantung madu (terdapat pada perut lebah) lalu nektar dibawa ke sarang lebah kemudian dilepaskan untuk memproses pengipasan atau pengunyahan nektar hingga menjadi halus. Mengenai komposisi yang terkendung dalam setiap madu umumnya memiliki perbedaan oleh karena ketersediaan bunga sebagai penyuplai nektar tidak sama dari tempat dimana lebah bermarkas. Sebagaimana diketahui bahwa madu mengandung berbagai campuran senyawa yang berkhasiat sangat baik bagi kesehatan tubuh. Diantara senyawa yang terdapat pada madu ialah antibiotik alamiah hal ini dinilai berdasarkan unsur sifat pada madu yakni berupa rasa manis, asam, h2o2, dst. Senyawa lainnya adalah fruktosa, glukosa, pinocembrin, chrysin, vitamin C, pinobanksin, katalase, beberapa dari senyawa tersebut berperan sebagai antioksidan. Apa saja manfaat madu buat kesehatan terutama jenis keluhan berbagai penyakit?
· Sebagai antibakteri & antijamur
· Mencegah penyakit jantung
· Mengurangi resiko jantung
· Mengatasi diabetes (pengendali gula darah)
· Membantu atasi alergi
· Meningkatkan daya ingat
· Penambah stamina
· Sumber nutrisi lengkap
· Penangkal infeksi
· Penambah kesuburan suami istri
· Mencegah resiko kanker & tumor
· Mengobati sakit tenggorokan atau batuk
· Pengobatan luka luar
· Baik bagi ibu hamil
· Mengurangi resiko penyakit kuning
· Mengoptimalkan fungsi hati
· Mengeluarkan hormon tidur
· Menjaga sistem pencernaan
· Sebagai cara meningkatkan daya tahan tubuh

melalui madu sebagai cara meningkatkan daya tahan tubuh alami

4. Buah Berwarna Merah Dan Sayuran
Cara sederhana yang cukup terbukti guna mengetahui isi kandungan pada buah maupun sayuran adalah dengan indikator warna. Pancaran keindahan warna warninya selain menambah nilai estetika ternyata dibalik itu sang pencipta memberi isyarat tersembunyi berupa fungsi masing masing berdasarkan warna tesebut. Adapun buah berwarna merah umumnya mengandung karoten serta vitamin A atau C. Berikut ini buah dan sayuran berwarna merah yang dipercaya sebagai salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengkonsuminya, seperti anggur merah, delima, stroberi, semangka, paprika merah, ceri, raspberry, bit, lobak merah, apel merah, tomat, dst.

5. Ginseng
Rasanya hampir semua orang pernah mendengar serta mengetahui jenis tumbuhan yang satu ini, ya… ginseng juga sering dikonotasikan sebagai ‘tanaman ajaib’, betapa tidak… ini karena senyawa atau zat yang terkandung didalamnya memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan. Tanaman ini diklasifikasi menjadi dua jenis yakni (ginseng amerika) dan (ginseng asia terutama korea). Kedua jenis ginseng tersebut berdasarkan hasil penelitian dan pengobatan tradisional merupakan salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh yang efektif lantaran ginseng menyajikan sifat adaptogenik dimana berperan menstimulasi antibodi dalam darah serta jumlah sel darah putih (CD4) terlebih bagi odha ‘hiv aids’, dengan begitu sistem imun menjadi stabil sekaligus mampu mencegah berbagai infeksi penyakit.

6. Jamur
Jamur merupakan tumbuhan yang dapat dibudidayakan dengan tujuan bisnis atau sekadar memanfaatkannya sebagai opsi pelengkap lalapan, malahan tidak sedikit orang menggunakannya untuk bahan pengobatan tradisional dari penyakit tertentu. Jamur masuk kategori tumbuhan liar yang diperkirakan terdapat lebih dari 999 jenis di dunia, meski begitu hanya sedikit yang layak konsumsi (tidak beracun). Mengingat kandungan nutrisi yang cukup banyak tentu saja memiliki berbagai khasiat buat kesehatan, diantaranya difungsikan sebagai cara meningkatkan daya tahan tubuh agar aman dari agresi bakteri/kuman dan infeksi penyakit, melindungi sel dan memperbaiki jaringan tubuh, menangkal radikal bebas ataupun agresi mikroba. Di Indonesia sendiri yang lazim dikonsumsi ada 6 macam yaitu jamur shitake, jamur kuping, jamur lingchi, jamur kancing, jamur tiram, jamur merang.

7. Konsumsi Vitamin
Mengkonsumsi vitamin merupakan salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah sekaligus berfungsi membantu menjaga sistem imun seseorang tetap dalam kondisi stabil. Belakangan ini diluar sana (amerika dan eropa) sedang ‘hangat-hangatnya’ jadi perbincangan serius ditengah kalangan para ilmuwan mereka terhadap satu tumbuhan atau tanaman ‘ajaib’ yang mereka menyebutnya miracle. Anda tahu tidak ternyata yang dimaksud itu adalah kelor. Bukan tanpa alasan label ajaib tersemat spesial pada tumbuhan ini, lantaran fakta mengejutkan terungkap bahwa kandungan mineral dan vitamin daun kelor paling tinggi diantara sayuran dan buah. Berikut ini keunggulan kadar tandingan dari daun kelor :
· Vitamin C nya 6x lebih banyak dari jeruk
· Kalsiumnya 4x lebih banyak dari susu
· Kaliumnya 7x lebih banyak dari pisang
· Vitamin B1 Dan B2 nya 7x lebih banyak dari ragi
· Zat besinya 25x lebih banyak dari bayam
· Protein kelor 2x lebih banyak dari kedelai
· Zat antioksidan palifenol 6x lebih banyak dari anggur merah
· Asam folatnya 4x lebih banyak dari hati sapi
· Vitamin E nya 4x lebih banyak dari gandum
· Asam amino esensialnya 1½ lebih banyak dari telur
· Vitamin A nya 4x lebih banyak dari wortel
· Seratnya 2x lebih banyak dari gandum

"<yoastmark

habbatussauda sebagai terapi cara meningkatkan daya tahan tubuh

8. Teh Hijau
Teh sejak dulu merupakan salah satu jenis minuman yang paling tersohor di dunia, dapat dinikmati dari mulai anak-anak, remaja hingga orangtua. Bicara soal minuman teh ternyata memiliki variabel rasa dan khasiat yang bisa dimanfaatkan. Salah satunya teh hijau, dikenal lebih unggul bila dibandingkan jenis lainnya lantaran daun teh hijau selain minim proses namun juga tidak terkena tahapan oksidasi. Bila dikorelasikan dengan bagaimana cara meningkatkan daya tahan tubuh menggunakan bahan alami secara efektif tentu teh hijau masuk kriteria yang memenuhi syarat sebab kandungan senyawa katekin dan zat antioksidan seperti polifenol, asam amino, enzim. Selain itu kaya akan asam folat, kalium, (vitamin B,  C,  E), mangan, kafein, dan magnesium terdapat di dalamnya.

9. Kunyit
Berpredikat sebagai salah satu rempah-rempah yang punya ciri khas dimana biasanya digunakan untuk pelengkap bumbu dapur malahan banyak orang memanfaatkannya bagian dari bahan pengobatan tradisional rumahan terbilang efektif hingga membuat nama kunyit sebagai tanaman herbal semakin akrab di telinga buat semua orang. Ungkapan yang menyebut bahwa kunyit adalah tanaman dengan seribu khasiat cukup beralasan lantaran memang diperkaya beberapa zat atau senyawa aktif yang berperan membantu dalam menjaga kesehatan dan mencegah dari berbagai penyakit. Berkat senyawa bersifat antiinflamasi dan antioksidan berupa kurkumin yang cukup tangguh serta dominan dalam menghalangi invasi radikal bebas terhadap sistem DNA, maka kunyit layak dijadikan sebagai salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh seseorang yang sedang atau telah menurun. Perlu diketahui bahwa kesolidan struktur DNA berandil besar dalam tercapainya nilai positif terhadap sistem kekebalan tubuh manusia yang mengalami gangguan.

10. Bawang Putih
Kepopuleran salah satu bumbu dapur ini tidak hanya di Indonesia saja melainkan juga hingga ke seantero negeri. Ketersediannya wajib selalu ada ketika mengolah hampir semua jenis masakan lantaran dianggap sebagai penyedap rasa dan pelengkap utama dari berbagai ragam makanan di dunia. Tak hanya sebatas bumbu favorit saja, lebih dari itu keistimewaan lainnya ternyata sejak zaman dulu hingga sekarang para tabib masih memanfaatkan untuk pengobatan tradisional terkait masalah kesehatan, termasuk difungsikan sebagai salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah. Selain itu mampu membentengi dan memerangi virus dalam tubuh dengan cara dikonsumsi mentah secara rutin. Sebegitu efektif khasiat dari bawang putih yang bersifat (antioksidan – antiinfeksi – antijamur – antimikroba) karena memang didukung dengan enzim alami, sulfur bioaktif, allicin serta kaya akan nutrisi seperti vitamin B, kalium, fosfor, kalsium, zat besi, dsb.

11. Minyak kelapa
Hampir setiap pada bagian pohon kelapa dapat diberdayakan alias sumber daya alam yang terbilang fungsional sekali. Salah satunya selama ini cukup sering terdengar yaitu minyak kelapa, ekstrak cairan yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan termasuk pula digunakan sebagai cara meningkatkan daya tahan tubuh yang sedang menurun pada manusia. Mayoritas para praktisi kesehatan memberi saran agar menjadikan minyak kelapa murni ‘buatan sendiri’ (bukan olahan yang telah tercampur bahan kimia dan lewat proses suhu pemanasan pabrik) sebagai bahan yang difungsikan untuk kondisi keluhan penyakit tertentu. Berikut kekayaan nutrisi dan senyawa aktif yang tersimpan di dalamnya seperti asam kaprilat, asam laurat, lipida antimikroba, asam kaprat, bersifat (antivirus – antibakteri – antijamur). Dari beberapa hasil studi dan penelitian terungkap jika tubuh manusia mengonversikan asam laurat menjelma jadi monolaurin maka dapat mengatasi virus dan bakteri pemicu dari beberapa penyakit seperti hiv aids, cytomegalovirus, herpes, influenza. Hebatnya lagi mampu melawan sejumlah bakteri berbahaya lainnya yaitu helicobacter pylori, listeria, monocytogenes, dst.

12. Selalu Aktif
Mendengar kata tersebut mungkin bagi sebagian orang menilai dengan sepele padahal sebetulnya jika kita mau mencermati bahwa dengan selalu bergerak aktif tentu memberi dampak positif bagi kesehatan. Dengan bergerak aktif secara tidak langsung turut menjaga stamina atau energy tubuh kita, sebuat saja semisal jalan santai, senam, renang, tidak bermalas – malasan dalam melakukan kegiatan ringan. dll

13. Jeruk
Keberadaannya yang sangat mudah ditemui karena memang hampir disemua tempat menjajakan buah yang kaya akan vitamin atau nutrisi ini misalnya pasar tradisional, supermarket, bahkan hingga pinggir jalan sekalipun. Selain karena tampilan dan rasanya yang segar juga menjadi buah primadona bagi masyarakat umum tentu saja faktor khasiat penting yang dihasilkan setelah mengkonsumsi apalagi secara rutin. Adapun korelasi dengan topik ‘ cara meningkatkan daya tahan tubuh ‘ kali ini, relevansinya jelas berdasarkan asupan penting bagi kesehatan manusia diantaranya sumber vitamin C yang tinggi, vitamin B kompleks (tiamin, piridoksin, dan asam folat) vitamin E, vitamin A, serat, antioksidan, flavonoid, senyawa (karotenoid – polifenol – liminoid), limonene D, zat besi, mangan, seng, kalium, magnesium, kalsium, dst. Melalui vitamin C sebagai antioksidan alami serta didukung senyawa polifenol dan flavonoid sangat membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia.

14. Telur
Ada yang tahu ga ya.. soal mana yang lebih dulu antara telur dengan ayam?
· Duluan ayam Min..
· Loh kan kalo ga ada telur ga bakal ada ayam?
· Hemm iya juga ya..
· Kalau begitu duluan telur Min?
· Nah.. telurnya dari mana? ayam kan..!
· Jadi mana yang duluan Min?
· Jawab sendiri ya.. ( loh.. ko malah tebak-tebakan (:  )
Ketimbang bingung mikir mending kita bahas manfaat dan kandungan telur aja ya… lantaran masih berhubungan dengan tema artikel ‘cara meningkatkan daya tahan tubuh’ dimana telur merupakan salah satu makanan dengan sumber protein terbaik dan sederet kandungan yang tersimpan di dalamnya seperti vitamin B12, vitamin A, vitamin K, kalsium, asam folat, vitamin B5, kalium, selenium, vitamin E, vitamin B2, seng, natrium, fosfor, vitamin D, vitamin B6, zat besi, zeaxanthin, kolin, lutein, asam amino, magnesium, dst. Dengan berlimpahnya kandungan nutrisi, mineral, vitamin maka wajar jika tubuh manusia begitu memerlukannya demi menjaga kesehatan agar senantiasa dalam kondisi prima yang menjadi dambaan semua orang termasuk sebagai penambah dan pelindung pada sistem kekebalan tubuh.

15. Nanas
Buah nanas merupakan salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh lemah yang terbilang efektif asalkan dikonsumsi secara rutin. Tingginya kandungan Vitamin C dalam buah nanas dianggap sebagai antioksidan alami bersifat antiinflamasi yang dipercaya sangat ampuh untuk melindungi sekaligus memperbaiki kerusakan sel sel tubuh manusia sebab efek buruk dari radikal bebas. Tak hanya itu saja, dukungan kandungan zat lainnya seperti asam amino sangat diperlukan untuk menambah sistem kekebalan tubuh yang menurun tadi.

16. Aneka Makanan Mengandung Vitamin E
Dengan segala khasiat dan kebaikan yang bakal diperoleh tubuh dari mengonsumsi rutin asupan vitamin E seperti melindungi kerusakan sel karena efek radikal bebas, menguatkan sistem kekebalan tubuh bagi penderita hiv aids (odha), dst. Selain itu vitamin E dapat pula bertindak aktif sebagai perisai alami tubuh lebih-lebih pada moment serius misalnya polusi udara kotor, asap rokok, radiasi sinar ultra ungu (UV).  Lantas apa sajakah sumber makanan dengan kandungan vitamin E tertinggi?? yang mana ia dapat difungsikan sebagai salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Berikut daftarnya : daging + telur ayam, lobster, gurita, brokoli, alpukat, tomat, mangga, kuaci (bunga biji matahari), buah kiwi, kacang almond, dll

17. Memanfaatkan Sinar Matahari Pagi
Melihat dari sisi perspektif positif tentu menghindari trik sinar matahari menyengat merupakan tindakan yang tepat karena bahaya paparan langsung sinarnya dapat beresiko terkena penyakit kanker kulit maupun penuaan dini. Namun bila menilai dari sisi lain ketika ada seseorang ( biasanya kaum hawa (:  ) secara sengaja menghindari sinar matahari baik saat pagi atau sore dengan berdalihkan ‘takut hitam’ sebaiknya singkirkan mindset atau pola pikir yang tidak semestinya seperti itu ya.. mengingat segudang kebaikan dari mengakrabkan tubuh pada sinar matahari yang akan diterima jika secara rutin berjemur minimal 3 kali dalam seminggu dengan anjuran waktu mulai terbitnya sinar matahari pagi hingga pukul 09.00. Yang lebih mengesankan lagi ternyata sinar matahari berguna juga sebagai ‘eksekutor’ virus – bakteri – jamur bahkan penawar infeksi penyakit, hal ini berdasarkan penelitian yang mengungkap bahwa ketika tubuh terkena sinar matahari maka akan menghasilkan kian banyak limfosit (sel darah putih) sehingga mampu membentengi tubuh dari berbagai partikel jahat. Sebaliknya bila tubuh kekurangan sinar matahari dapat mengakibatkan sistem imun menurun yang akhirnya menjadi mudah sakit. Oleh karena itu begitu sangat penting peran dari sinar matahari untuk dimanfaatkan setiap orang terlebih bagi pengidap penyakit hiv aids (odha) sebagai salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah.

18. Susu Yogurt
Sebagai salah satu minuman sehat yang dihasilkan dari fermentasi susu ternyata didalamnya mengandung berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh kita loh..! Dari mulai kesehatan tulang, mengurangi berat badan, mengatasi tekanan darah, membantu sistem pencernaan, mencegah resiko osteoporosis, radang sendi, pembentukan otot, termasuk sebagai salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh, serta sejumlah manfaat lainnya. Yoghurt diperkaya akan sumber mineral dan vitamin yang dapat menyuplai kebutuhan gizi tubuh manusia sehingga menjadikannya sebagai salah satu opsi penting yang layak masuk dalam list menu konsumtif bagi siapa saja.

19. Hindari Alkohol
Mengkonsumsi minuman beralkohol ‘minuman keras’ baik itu sedikit apalagi dengan jumlah banyak secara rutin beresiko mengakibatkan berbagai masalah kesehatan serius bagi si peminum misalnya kerusakan ginjal – jantung – hati, infeksi paru, kerusakan otak, dll, dikarenakan dampak kandungan zat berbahaya yang terdapat didalamnya. Selain itu mampu menekan sistem imunitas tubuh sehingga menjadikan seseorang rentan terhadap infeksi. Salah satu contoh nyata yang biasa terjadi pada pengidap penyakit hiv aids ialah virus akan lebih cepat berkembang dibanding mereka (odha) yang bukan ‘peminum’. Dengan sederet dalih itulah maka menjauhi segala jenis minuman keras merupakan hal mutlak yang perlu diterapkan.

20. Berhenti Merokok
Ada dua istilah lumrah yang dikenal dalam konteks merokok yaitu aktif (orang yang menghisap asap rokok secara langsung dari batangnya) dan pasif (orang yang tidak merokok namun menghirup asap rokok dari hembusan perokok). Kedua insan tadi memiliki konsekuensi yang tidak jauh berbeda sebab dampak buruk tersebut yakni menimbulkan sejumlah masalah kesehatan seperti diantaranya : penyakit paru, jantung, stroke, kanker, dll. Selain itu pula kandungan zat nikotin yang terdapat pada batang rokok merupakan salah satu faktor utama bagi pecandunya dalam jangka panjang berpotensi melemahkan sistem kekebalan tubuh. Oleh karenanya mengurangi menghisap rokok atau bahkan berhenti sama sekali adalah bagian dari cara meningkatkan daya tahan tubuh agar perlahan kembali membaik dengan sendirinya.

21. Konsumsi Buah Bervitamin C
Secara spontanitas ketika mendengar kata ‘vitamin c’ hampir semua orang akan terlintas dibenaknya satu gambar yang cenderung mengarah pada buah jeruk, tidak salah memang karena jeruk sangat identik dengan vitamin c jika melihat secara tampilannya yang berwarna cerah dan segar. Berbanding dengan hal itu dimana padahal ada beberapa jenis buah justru memiliki kandungan vitamin c lebih tinggi misalnya buah jambu biji, stroberi, buah kiwi, mangga, nanas, paprika, pepaya. Kandungan buah – buahan tersebut kaya akan vitamin c yang dapat dimanfaatkan sebagai cara meningkatkan daya tahan tubuh bagi penderita hiv aids.

22. Makanan Kaya Akan Magnesium
Salah satu senyawa yang dibutuhkan oleh manusia untuk menunjang berbagai fungsi dan jaringan hampir seluruh organ tubuh adalah magnesium. Jenis mineral ini sangatlah berperan penting dalam menjaga kesehatan termasuk mempertahankan daya tahan tubuh agar tetap dalam kondisi prima. Ada banyak jenis makanan yang kaya akan magnesium diantaranya seperti kacang almond, ikan, cokelat, alpukat, sayuran hijau, susu yoghurt, biji – bijian terutama dari buah labu dan bunga matahari.

23. Makanan Mengandung Zat Besi
Diantara nutrisi penting yang wajib terpenuhi oleh tubuh manusia ialah zat besi karena ia berperan aktif menjalankan fungsinya sebagai penghantar oksigen dari paru – paru keseluruh tubuh dan membentuk sel darah merah. Selain itu tugas yang tidak ketinggalan adalah menjaga sistem imun dengan cara merangsang atau mengaktifkan sel darah putih sebagai perisai utama pertahanan tubuh dari invasi partikel jahat (virus – bakteri – kuman). Adapun sumber zat besi terbagi dari kelompok makanan hewani (daging – cumi – kerang – ikan – hati atau jeroan) dan tanaman (bayam – biji wijen – kedelai – kentang) dst.

24. Ketela Rambat Atau Ubi Jalar
Mengkonsumsi jenis makanan tertentu yang bisa mengaktifkan sistem imun merupakan cara sederhana yang dapat dilakukan oleh siapa saja agar tetap dalam kondisi prima. Bicara soal cara meningkatkan daya tahan tubuh dengan mudah dan efektif tentu salah satu tips alami yang tak luput perhatian ialah melalui bahan makanan kaya akan nutrisi, vitamin, senyawa tertentu yang terkandung di dalamnya. Sebut saja ubi jalar memiliki segudang manfaat termasuk penambah energi serta peningkat sistem pertahanan tubuh manusia. Sederet komposisi nutrisi atau zat yang ada pada ubi (beta karoten, vitamin A, vitamin C, kalium, vitamin  B6, serat, kolin) terbukti mampu mengambil peranan penting untuk mengatasi masalah kesehatan bahkan hingga menangkal resiko penyakit berbahaya (diabetes, jantung, kanker) dll. Sebagai tambahan ‘UBI UNGU’ konon termasuk peningkat sistem imun kategori umbi – umbian karena bersifat antiinflamasi serta diperkaya akan antosianin sangat baik dikonsumsi ketika sedang sakit.

25. Kacang Almond
Meksipun cangkang bertekstur keras, ukurannya yang kecil, berbandrol cukup mahal namun dibalik itu semua.. makanan sehat ini kaya akan nutrisi dan vitamin. Dengan kandungan nilai gizi tersebut tentu saja kacang almond masuk dalam kategori jajaran makanan ringan atau camilan spesial yang bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan beberapa organ tubuh terutama pada kecerdasan otak manusia. Selain itu faedah lain dari kacang almond jika dikonsumsi secara rutin adalah asupan yang dapat difungsikan sebagai salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Berikut komposisi zat atau nutrisi yang ada pada kacang almond : protein, flavonoid antioksidan, mangan, vitamin E, sumber mineral seperti (magnesium – fosfor – seng – besi – zinc – tembaga – kalsium) vitamin B1 B2 B3 B6, asam lemak omega-3, dst. Sederet kandungan zat atau nutrisi berharga tersebut diantaranya berkhasiat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

26. Brokoli
Memiliki rasa sedikit pahit dan bentuk tampilan agak unik barangkali ini yang menjadi alasan utama mengapa jenis sayuran ini kurang digemari bagi kebanyakan orang, berbanding dengan hal itu justru brokoli termasuk sayuran yang memiliki khasiat mengagumkan karena kandungan sejumlah nutrisi, vitamin, mineral yang terbilang tinggi ‘dua kali lipat’ dibandingkan sayuran pada umumnya. Diantara nuturisi atau zat dari brokoli : Vitamin A, C, E, B1, B2, B3, B5, B6, serat, karoten, mineral (zinc, magnesium, kromium, selenium, mangan, tembaga, postassiun, zat besi, kalsium, fosfor), asam lemak omega-3, protein, dst. Manfaat lain dari brokoli tentu saja meningkatkan daya tahan tubuh karena begitu kompleksnya nutrisi yang tersimpan sehingga tak heran mudah terimplementasi dengan baik.

27. Bayam
Sayuran berdaun hijau yang datang dari dataran asia ini terbilang sangat populer di kalangan ibu – ibu nusantara pasalnya hampir setiap pasar baik tradisional ataupun swalayan menyediakan makanan yang kaya akan nutrisi – vitamin – mineral ini. Diantara kandungan tersebut seperti vitamin A, B kompleks, C, K, E, beta karoten bersifat antioksidan, serat, kalium, mangan, natrium, sodium, kalsium, magnesium, asam folat, zat besi, potasium, dsb. Adapun manfaat dari bayam salah satunya untuk memperkuat sistem imun yang diperoleh dari antioksidan alami, magnesium, vitamin A , C.

28. Bawang Bombay
Dominannya masyarakat Indonesia terutama kalangan ’emak-emak’ lebih sering menggunakan bawang putih atau merah untuk tambahan penyedap sebagai bumbu masakan mereka. Berbeda dengan kedua jenis bawang tadi bawang bombay ukurannya lebih besar, salain dikenal sebagai rempah – rempah yang berasal dari India (mumbai) ternyata bawang bombay diklaim mempunyai sejumlah keunggulan dalam hal kandungan nutrisi, vitamin, mineral atau zat senyawa tersimpan di dalamnya yang sangat berkhasiat untuk masalah kesehatan bila dikonsumsi secara rutin bahkan hingga mengurangi resiko beberapa penyakit berbahaya seperti masalah jantung, pembuluh darah, kanker prostat, kanker usus besar, kanker lambung, diabetes, dll. Berikut kandungan nutrisi dari bawang bombay yang sebagian berguna sebagai penambah energy atau daya tahan tubuh alami (sistem imunitas), diantaranya : Polifenol bersifat antioksidan, kalium, sulfur, allicin, kalsium, mangan, asam amino, vitamin C, sodium, vitamin E, zat besi, magnesium, vitamin B6, folat, dst.

29. Buncis
Berdalih karena harganya yang murah, mudah ditemukan, berbentuk sederhana tak heran bila sayuran hijau cerah mirip kacang panjang ini kerap dilihat sebelah mata, padahal dibalik itu semua tersembunyi berbagai manfaat yang bisa diberikan oleh buncis untuk kesehatan tubuh kita.  Tak terkecuali adalah berkhasiat menjaga sistem kekebalan tubuh tetap stabil dan semakin kuat (jika dikonsumsi rutin) berkat kandungan vitamin C yang bersifat antioksidan alami melindungi kerusakn sel dalam tubuh dari invasi radikal bebas.

30. Cuka Apel
Satu lagi jenis minuman asam hasil dari sari buah apel yang dicairkan serta melalui fermentasi, belakangan kian populer saja mengingat berbagai solusi efektif yang ditawarkan untuk pengobatan herbal pada penyakit tertentu jika di minum sesuai anjuran. Sebut saja salah satunya berguna memperkuat sistem imun tubuh yang lemah. Adapun produk dari cuka apel bisa Anda peroleh lewat market – market place atau toko online terpercaya yang memiliki sertifikasi BPOM dll atas keamanan produk tersebut.

31. Bunga Echinacea
Satu dari sekian ribu tanaman berbunga yang dapat dijadikan sebagai bahan ramuan pengobatan herbal rumahan adalah bunga echinecea yang secara tampilan berwarna pink keunguan bermahkota dan bentuknya  sepintas memiliki kemiripan dengan bunga mahatari. Ia berasal atau tumbuh dari dataran eropa dan amerika, kandungan zat aktif bersifat antimikroba dan antiinflamasi yang ada di dalamnya terbukti memberikan efek positif pada masalah kesehatan tertentu misalnya menjaga kekebalan tubuh dari gempuran virus dan bakteria jahat. Tak hanya itu saja, senyawa berupa fenol dan alkilamida ikut andil sebagai penguat sistem imunitas tubuh manusia. Kemudian kandungan lainnya berperan meningkatkan jumlah sel darah putih alias CD4.

32. Pernapasan Diafragma
Bentuk kegiatan yang patut diterapakan pada sela – sela kesibukan atau rutinitas keseharian agar keinginan yang didamba berupa kebugaran dan kesehatan tubuh selalu dalam kondisi terbaik ialah membiasakan latihan pernapasan diafragma atau yang dikenal dengan pernapasan perut selama 2 – 3 menit (15 – 20 kali tarik hembus nafas). Salah satu manfaat istimewa dari latihan ini bila teratur melakukannya yaitu dapat menambah sistem immun (daya tahan) tubuh secara optimal. Pastikan Anda bisa membedakan antara pernapasan perut dengan pernapasan dada, cukup memperhatikan ketika menarik nafas apakah dada yang mengembang atau bagian perut. Adapun cara melakukan teknik diafragma terbilang tidak sulit, diantara 2 opsi sederhana seperti berikut ini pertama dengan menyandarkan badan pada kursi atau tembok lalu coba untuk serileks mungkin dan tarik nafas dari hidung secara perlahan lalu fokus pada bagian perut agar lebih mengembang ketimbang dada kemudian hembuskan lewat mulut dengan membuka sedikit saja. Atau dengan cara kedua yaitu menelentangkan tubuh, lakukan teknik bernafasnya sama persis dengan posisi bersandar tadi ya.

33. Menjaga Pikiran Dari Stres
Mengendalikan segala bentuk pikiran yang berpotensi mengacaukan perasaan, emosional, akal sehat tentu sangatlah penting sebab akan berpengaruh pada gangguan metabolisme dan kemampuan sistem immun tubuh menjadi tidak stabil. Tentu keadaan demikian korelasinya masih erat dengan kondisi ketidaknyamanan jasmani alias pergolakan sikologis atas apa yang sedang atau telah dihadapi, jika ini terjadi dalam waktu lama dikhawatirkan rentan terkena ‘penyakit’ yang disebut depresi kronis. Seperti diketahui bahwa salah satu faktor yang dapat menurunkan daya tahan tubuh adalah kondisi stres. Oleh karenanya membiasakan berpikir positif dalam suasana apapun sebisa mungkin diimplementasikan pada kehidupan sehari hari agar terhindar dari resiko ‘stres’ tadi, sehingga secara tidak langsung usaha kita dalam berpikir sehat memberi dampak positif terhadap kesehatan diri (jasmani dan rohani) khsusunya mengenai sistem kekebalan tubuh.

Selain dari ulasan mengenai cara meningkatkan daya tahan tubuh, tentu saja akan lebih afdol jika melengkapinya dengan tips menjalani pola hidup sehat dan seimbang misalnya rajin berolah raga minimal 3 kali seminggu, memperhatikan berat badan agar tidak melebihi batas ideal (over obesitas), tidak lupa agar selalu menjaga atau mengontrol tekanan darah selalu pada nilai normal dst.

Sebagai penutup admin ingin menyampaikan barangkali dari pembaca ada yang ingin mengetahui produk de nature lebih detail khususnya pengobatan untuk hiv aids (resep 1 bulan) boleh dipersilahkan mengKLIK whatsapp untuk melanjutkan konsultasi via aplikasi. Tak lupa untuk selalu berdoa semoga kita semua senantiasa diberi jalan terbaik dan kemudahan atas segala urusan masing – masing aaminn..

Terimakasih telah mengunjungi salah satu website resmi klinik De Nature Indonesia semoga menjadi informasi tambahan seputar cara meningkatkan daya tahan tubuh, yang nantinya bisa langsung diterapkan pada kehidupan sehari – hari.

Bagikan informasi tentang 33 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh (Termasuk Bagi Pasien HIV AIDS) kepada teman atau kerabat Anda.

33 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh (Termasuk Bagi Pasien HIV AIDS) | PENGOBATAN HIV AIDS

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.