STANDAR PRODUK INTERNASIONAL ( ISO ) DAN NASIONAL BPOM - HALAL MUI. SELURUH GAMBAR SERTIFIKASI LEGALITAS KLINIK DE NATURE INDONESIA DAPAT KAMI INFOKAN MELALUI CHATTING WHATSAPP - LINE JUGA SEBAGIAN TESTIMONI PERKEMBANGAN PASIEN BESERTA HASIL LABORATORIUM SETELAH KONSUMSI OBAT DE NATURE BUKTI RESI KIRIMAN LUAR NEGERI DAN DALAM NEGERI YANG BISA DICEK SECARA ONLINE SEBAGAI REFRENSI PAKET TELAH SAMPAI TUJUAN
Beranda » Pembengkakan Kelenjar Getah Bening Hiv

Pembengkakan Kelenjar Getah Bening Hiv

Berbicara soal pembengkakan kelenjar getah bening hiv (istilah kalimat yang kerap diucapkan sekelompok insan). Maka kurang lengkap rasanya jika tidak mencari tahu kembali mengenai pas atau tidaknya pemakaian kalimat yang sering ditemui pada halaman pencarian Google seperti topik halaman yang sedang kita bahas ini (pembengkakan kelenjar getah bening hiv). Dalam rangka mengulik lebih jauh lagi tentang tema artikel, kiranya admin diperkenankan mengawali dengan informasi yang kurang lebih masih sangat relevan atas apa yang tengah kita perbincangkan, tujuannya tak lain adalah agar kita akhirnya mengetahui jawaban sesungguhnya dari penggunakan kalimat tersebut.

Dalam ilmu kedokteran dikenal dengan istilah Lymphadenitis atau biasa disebut dengan pembengkakan kelenjar getah bening (KGB). Devinisi dari pembengkakan kelenjar getah bening adalah suatu infeksi yang mengakibatkan kondisi organ tubuh tertentu menjadi bengkak karena masuknya virus / bakteri atau bisa juga berupa parasit akan tetapi kebanyakan dipicu oleh serangan bakteri.

Sebagaimana dijelaskan bahwa dalam tubuh manusia terdapat 3 sistem yang beredar yaitu :
• SISTEM PEMBULUH DARAH
• SISTEM SARAF
• SISTEM GETAH BENING

Adapun sistem getah bening memiliki peranan sangat penting bagi tubuh manusia karena ia merupakan sistem yang berfungsi untuk melakukan perlindungan alias sebagai perisai tubuh, apabila getah bening membengkak itu pertanda bahwa telah terjadi infeksi dalam tubuh sehingga tubuh memberikan respon atau reaksi dengan membentuk imun/kekebalan, namun jika ia berlebihan maka biasanya pada area pergelangan tangan, kaki, ketiak akan mengalami pembengkakan (manifestasi atau bentuk perlawanan terhadap virus artinya proses pertahanan tubuh).

Ketika proses reaksi bengkak getah bening itu sedang berlangsung pasien bisa mengambil tindakan berupa pemberian antibiotik/antibody maupun antivirus, bilamana masih belum dirasa cukup maka dapat melakukan tindakan khusus seperti pembedahan (operasi ringan). Bagi siapapun yang barangkali saat ini tengah mengalami infeksi kelenjar getah bening (KGB) agar selalu mewaspadai dan tidak sedikitpun menyepelekan jenis keluhan tersebut, pasalnya hal itu bisa berakibat menjadikan keluhan yang lebih serius dan berbahaya nantinya, andai tanpa adanya tindakan intensif tadi.

↓ BACA JUGA
Kelenjar Getah Bening Hiv
Ruam Merah Hiv

pembengkakan kelenjar getah bening hiv

ISTILAH PEMBENGKAKAN KELENJAR GETAH BENING HIV

Korelasi atau keterkaitan antara infeksi getah bening dengan kanker memang hingga saat ini masih menjadi suatu pertanyaan terpendam yang kerap dihubung-hubungkan, terutama bagi mereka yang pernah atau sedang mengalami keluhan berupa benjolan tak lazim pada salah satu area organ tubuhnya. Benarkah demikian…? Berikut penjelasan yang bisa admin terjemahkan dari diskusi seputar kesehatan yang ditayangkan melalui program talkshow dengan narasumber seorang profesor doktor, salah satu dokter spesialis penyakit kanker – KGB Indonesia. Mari kita simak paparannya…

” Kanker kelenjar getah bening atau dalam istilah ilmu kedokteran biasa disebut sebagai Limfoma adalah termasuk salah satu jenis penyakit kanker berbahaya bila tanpa penanganan tepat, diperlukan pendeteksian dini guna sesegera mungkin mendapatkan pengawasan oleh seorang ahli, dengan begitu dapat menghindari resiko lebih serius misalnya sampai tingkat menyebabkan kematian. Kanker jenis ini bisa dikatakan berbeda dibanding beberapa tipe kanker lainnya karena ia menyerang kelenjar getah bening itu sendiri.

Sebagai info tambahan bahwa sebenarnya kelenjar getah bening terdapat pada seluruh bagian tubuh manusia (area kepala, leher, badan, sampai pada kaki). Cara kerja alami yang ditunjukkan saat terjadi infeksi maka kelenjar getah bening menjadi bengkak. Contoh bila terjadi infeksi pada jari maka akan timbul bengkak membesar dibagian siku-siku tangan. Begitu juga ketika siku tangan mengalami infeksi maka akan terjadi pembengkakan atau benjolan pada area ketiak, seperti itulah kira-kira reaksi kelenjar getah bening.

Sekali lagi ingin menegaskan bahwa memang fungsi sesungguhnya dari kelenjar getah bening ialah bertugas menjaga tubuh manusia terhadap infeksi dari berbagai serangan parasit, bakteri atau virus. Jadi seperti contoh diatas tadi disebutkan, jari yang terkena infeksi mengakibatkan bengkaknya siku tangan, dan hal itu merupakan bentuk respon dari kelenjar tersebut dengan cara membelah diri artinya sel-sel dalam kelenjar getah bening pada tempat tadi berkembang biak dengan jumlah banyak untuk melindungi sekaligus memerangi kuman penyebab infeksi. Ada 2 jenis limfosit alias sel darah putih yang sangat berperan utama dalam mengenali dan menghadapi kuman, bakteri ataupun virus.

• LIMFOSIT T (Menyerang atau membunuh kuman langsung diarea infeksi)
• LIMFOSIT B (Menetap dikelanjar getah bening lalu membuat zat antibody)

Khusus tentang limfosit T bahwa jenis sel ini biasa ditemui pada penderita penyakit HIV, dimana berkurangnya sel darah tersebut akhirnya berdampak pada ketahanan tubuh menjadi drop atau melemah. Sedangkan pada penyakit Limfoma / Kanker sendiri justru kedua sel darah ( limfosit T & B) itulah yang berkembang biak. Seperti kita ketahui sebetulnya semua jenis kanker itu hanya berasal dari satu sel bukan 2, 3, atau 4 sel. Oleh karena itulah maka para ahli selalu bisa membuat diagnosa terhadap kanker, mengapa begitu…?  itu karena antara sel kanker yang satu tidak pernah berbeda dengan yang lain jadi lebih mudah dalam mengenal maupun mengidentifikasi.

PERBEDAAN DAN PERSAMAAN KANKER KGB DENGAN KANKER LEUKIMIA

• KANKER KELENJAR GETAH BENING
Kalau bicara soal kanker kelenjar getah bening (Limfosit) maka tak lain sebetulnya membahas sel darah. Perlu dipahami juga bahwa sel limfosit tidak berkembangbiak dalam sumsum tulang tetapi tumbuh dan menjalarnya tetap dalam kelenjar getah bening itu sendiri makanya munculah benjolan – benjolan.

• KANKER LEUKIMIA
Leukimia juga sama memiliki sel Limfosit T dan B namun leukimia tumbuh berkembangbiaknya di dalam sumsum tulang sehingga ia banyak masuk ke dalam darah, sedangkan perbedaannya adalah kanker leukimia tidak timbul benjolan. Begitu juga dalam darah penuh dengan sel-sel kanker.

Fakta yang belum banyak orang tahu bahwa kedua jenis kanker ini (Kanker KGB & Leukimia) ternyata terdapat informasi amat penting didalamnya sebab merupakan awal dari kemajuan ilmu pengobatan kanker di dunia. Fakta yang tidah kalah menarik lainnya yaitu dari semua jenis kanker ternyata kanker KGB & leukimia menyandang stigma sebagai tipe paling ganas dan cepat berkembang tapi juga paling tinggi kemungkinan untuk sembuh. Adapun mengenai pertumbuhan dari kanker KGB ada yang cepat dan juga lamban, disamping itu jenis dari KGB ada banyak sekali kurang lebih 18 macam. Ia berkembang dalam tiga proses, pertama sangat lambat kedua mengengah dan ketiga sangat tinggi.

Mayoritas kasus kalau pertumbuhannya lamban justru tidak kunjung sembuh alasannya ia resisten / kebal terhadap kemoterapi sedangkan yang cepat tumbuhnya malah paling merespon terhadap kemoterapi tetapi lebih cepat pula berefek pada kematian. Jadi kalau yang cepat tumbuhnya misal dalam waktu 5 atau 6 bulan secara pendekatan ilmu kedokteran rata-rata pasti pasien akan meninggal (diluar kuasa dan takdir ilahi tentunya ya).

Proses reaksi kemoterapi hanya berfungsi pada sel kanker yang pertumbuhannya cepat, dengan begitu pastinya sel cepat membelah diri alhasil mudah untuk dibasmi. Berbanding terbalik dengan kanker yang lamban tumbuhnya maka sulit menerima respon kemoterapi karena sel sedang berdiam diri jadi sukar untuk dimusnahkan dengan obat antikanker maupun antiinfeksi “. Sampai pada paragraf ini pastinya rekan – rekan sudah menemukan jawaban untuk tepat tidaknya penggunaan istilah kalimat (pembengkakan kelenjar getah bening hiv). Admin harap begitu.

ADAKAH OBAT PEMBENGKAKAN KELENJAR GETAH BENING HIV

pembengkakan kelenjar getah bening hiv aids

Seperti itulah kira – kira korelasi atau keterkaitan antara kanker KGB, Leukimia, maupun pemahaman tentang istilah kalimat (pembengkakan kelenjar getah bening hiv) melalui info yang sudah kita baca tadi. Mungkin saja diantara rekan sekalian pernah memiliki history dari salah satu keluhan diatas dan kebetulan masih ada beberapa hal yang perlu ditanyakan terutama seputar kerancuan istilah (pembengkakan kelenjar getah bening hiv), bisa menghubungi secara langsung pada klinik De nature melalui layanan telephone ataupun chat whatsapp yang tersedia. Andai bersedia boleh membagikan informasi kesehatan ini pada rekan – rekan yang tengah online bersosial media dengan mengklik tombol share di bawah. Terimakasih…

Bagikan informasi tentang Pembengkakan Kelenjar Getah Bening Hiv kepada teman atau kerabat Anda.

Pembengkakan Kelenjar Getah Bening Hiv | PENGOBATAN HIV AIDS

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.