STANDAR PRODUK INTERNASIONAL ( ISO ) DAN NASIONAL BPOM - HALAL MUI. SELURUH GAMBAR SERTIFIKASI LEGALITAS KLINIK DE NATURE INDONESIA DAPAT KAMI INFOKAN MELALUI CHATTING WHATSAPP - LINE JUGA SEBAGIAN TESTIMONI PERKEMBANGAN PASIEN BESERTA HASIL LABORATORIUM SETELAH KONSUMSI OBAT DE NATURE BUKTI RESI KIRIMAN LUAR NEGERI DAN DALAM NEGERI YANG BISA DICEK SECARA ONLINE SEBAGAI REFRENSI PAKET TELAH SAMPAI TUJUAN
Beranda » Waspada Tuberkulosis Paru Pada Anak

Waspada Tuberkulosis Paru Pada Anak

Tuberkulosis Paru Pada Anak Menjadi Darurat Kesehatan Masyarakat
Secara global tuberkulosis terus menyebabkan jumlah kematian yang sangat tinggi dikalangan anak-anak, terutama setelah pandemi HIV. Hingga saat ini, Indonesia masih merupakan salah satu negara dengan kasus tuberkulosis paru pada anak terbanyak di dunia. Melalui berbagai program pemerintah dan penyuluhan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pemeliharaan kesehatan, diharapkan jumlah penderita tuberkulosis paru pada anak bisa menurun. Dengan menjalani pengobatan sampai tuntas sesuai durasi yang telah ditentukan, anak-anak dapat pulih total dari TBC dan terhindar dari komplikasinya.

BACA JUGA : APAKAH PENDERIT HIB BISA MENULARKAN TBC PADA ANAK

Tuberkulosis Paru Pada Anak Adalah
Infeksi kronis yang disebabkan oleh bakteri mycobacterium tuberculosis yang menginfeksi paru-paru. Jika anda khususnya orang tua memiliki riwayat HIV wajib waspada. Bakteri tersebut dapat berdiam di paru-paru dan dapat berkembang ke bagian tubuh yang lain, seperti tulang belakang, ginjal, bahkan otak. Tuberkulosis paru pada anak tersebar diudara ketika orang yang terinfeksi batuk, bersin, berbicara, bernyanyi, atau tertawa. Seorang anak biasanya tidak terinfeksi kecuali dia telah berulang kali kontak dengan bakteri.

Tahap Paparan Atau Exposure.
Pada tahap ini, anak sudah terinfeksi bakteri TBC. Namun jika imunitas tubuh anak kuat, bakteri TBC dapat ditekan pertumbuhannya sehingga tidak menimbukan gejala apa pun. Sebagian kasus tuberkulosis paru pada anak , khususnya pada anak yang sudah lebih besar, infeksi hanya sampai pada tahap paparan. Jika seperti ini, anak tidak mengalami keluhan apa pun meskipun hasil pemeriksaan tuberkulin menunjukkan bahwa ia pernah terpapar bakteri mycobacterium tuberculosis.

Tahap Penyakit TB Aktif
Jika imun tubuh anak tidak mampu melawan bakteri mycobacterium yang masuk, maka bakteri kuman tersebut akan berkembang biak dan menyebabkan penyakit TBC. Beberapa gejala tuberkulosis paru pada anak adalah:

  1. Batuk darah
  2. Kehilangan nafsu makan
  3. Berkeringat di malam hari
  4. Pertumbuhan terhambat
  5. Tubuh lemah dan sesak napas
  6. Demam hingga lebih dari 2 minggu
  7. Pembengkakan kelenjar getah bening
  8. Berat badan tidak kunjung bertambah
  9. Batuk hingga lebih dari 3 minggu tidak kunjung sembuh

Pengobatan Tuberkulosis Paru Pada Anak

Obat Tuberkulosis Anak – Resep Dokter
Jika anak baru terinfeksi bakteri dan belum menunjukkan gejala aktif, biasanya Dokter akan memberikan obat anti-TB jenis isoniazid, yang harus dikonsumsi setiap hari selama 9 bulan. Sementara pada anak yang telah dipastikan terdiagnosis tbc aktif, dokter akan memberikan pengobatan yang terdiri dari tiga jenis obat anti-TB anak yaitu isoniazid, pyrazinamid dan rifampicin.  Obat-obatan ini harus dikonsumsi setiap hari selama 2 bulan. Kemudian untuk 4 bulan selanjutnya, hanya dua jenis obat yang diteruskan, yaitu rifampicin dan isoniazid. Tidak semua obat anti-TB untuk dewasa dapat digunakan pada anak. Anak-anak umumnya tidak diberikan Obat Anti-TB jenis ethambutol, karena obat ini dapat memberikan dampak yang berbahaya bagi penglihatan anak.

Minum obat anti-TB selama 6 bulan sampai 12 bulan, memang membosankan. Wajar saja jika anak merasa jenuh dan sering menolak minum obat. Namun para orang tua harus memiliki cara kreatif agar anak tidak putus minum obat sampai habis.

Pengobatan yang tidak tuntas bisa mengakibatkan TB resisten obat dan kambuh dalam bentuk yang lebih parah, Seperti : benjolan ditulang belakang, Pembengkakan sendi panggul, sendi lutut, sendi ruas jari, Kejang, Penurunan kesadaran,TB selaput otak, Jantung bengkak dan Perut membesar.

 

Obat Tuberkulosis Anak – Herbal Tradisional
Liputan6. Health Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, dr. Muhammad Arifin Nawas, Sp.PK, MARS bersama Fathiyah Isbaniah, Heidy Agusti, Priyanti Soepandi, dan Erlina Buhan dari Rumah Sakit Persahabatan membuktikan peran herbal terhadap penanganan tuberkulosis paru pada anak. Uji klinik acak, tersamar ganda pada pasien TB kasus baru yang mendapatkan kombinasi ekstraks mengkudu dan jahe merah sebagai ajuvan (obat pembantu) pada pengobatan TB cukup memberi hasil berarti. Masih menurut beliau, gabungan antara buah mengkudu dan jahe merah memberikan efek sinergi antimikroba atau dapat membunuh kuman. Pada saat dilakukan percobaan di laboratorium, kuman TB mati ketika diberi ekstrak buah mengkudu dan jahe merah ini.

Obat Tuberkulosis Herbal Untuk Anak-Anak

Aman Efektif  Dan Tanpa Efek Samping 

Obat Herbal Untuk Tuberkulosis Paru Pada Anak

Obat Herbal Untuk Tuberkulosis Paru Pada Anak

Pengobatan TB Paru Herbal Bertujuan Menekan Multiplikasi Bakteri Dalam Tubuh
Dalam terapi herbal beberapa bahan aktif alami selalu digabungkan dan diuji coba secara klinis serta diproses menggunakan teknologi modern. Paket Obat Tuberkulosis PT De Nature Indonesia bekerja dengan 4 bahan alami herbal yang berbeda, sehingga memungkinkan penetrasi kedalam semua jaringan sel untuk melawan bakteri mycobacterium tuberculosis dalam tubuh.

Yakinlah Herbal De Nature Adalah Yang Terbaik
Kami memiliki pengalaman yang sangat baik dengan Pengobatan TB Herbal. Jika digunakan dengan benar, ini biasanya bekerja lebih cepat daripada agen konvensional. Karena pengobatan herbal tidak menimbulkan efeksamping atau semacamnya. Ini meningkatkan efektivitas pengobatan dan mencegah perkembangan resistensi.
• Sebagai contoh, beberapa herbal mencegah bakteri memasuki sel
• Yang lain mencegahnya mengambil perintah di dalam sel
• Yang lain mencegah sel yang terinfeksi melepaskan bakteri baru
• Sebagian besar lain meningkatkan daya tahan tubuh
• Sisi lain memproduksi sel baru untuk siap siaga melawan bakteri.

FARMAKOLOGI  BAHAN DAN FUNGSI DETOPAR DAN PIPECA 

Ekstrak Morindae Citrifolia Fructus 1250 Mg ( Mengkudu )
Morindae Citrifolia Fructus adaalah nama latin dari Mengkudu. Tanaman dikenal oleh ahli herbal karena kekuatan penyembuhannya. Populer dengan nama Noni, mengkudu tanaman asli Hawaii terbukti dapat membunuh bakteri penyebab TBC. Temuan ini dapat mengarah pada obat-obatan baru untuk memerangi penyakit. Penyembuh tradisional Hawaii telah lama menggunakan mengkudu sebagai obat gejala tuberkulosis paru, obat tbc dan semua penyakit yang berhubungan dengan paru-paru.

Para peneliti sepakat bahwa mengkudu memiliki senyawa aktif pitosterol steroid tanaman yang secara struktural dapat bertindak di bawah mekanisme dan dapat berguna Untuk pengobatan TB paling ampuh. Alternatif untuk melawan strain bakteri yang resisten. Selain itu mengkudu juga dapat menjadi sumber pengobatan TB yang lebih murah dibanding obat TB yang sekarang tersedia. Jonel Saludes asisten profesor di Departemen kimia Universitas San Agustin di Kota Iloilo Filipina juga mengatakan bahwa mengkudu adalah sumber obat  gejala tuberkulosis paru, obat tbc dan semua penyaki paru-paru yang aman dan potensial.

Lebih dari 8.000 makalah penelitian tentang Mengkudu akan dipresentasikan pada Kongres Kimia Internasional tahun ini. Disponsori bersama oleh American Chemical Society, Chemical Society of Japan, Canadian Society of Chemistry, Royal Australian Chemical Institute, dan New Zealand Institute of Chemistry. Mereka telah memeriksa sekelompok tanaman asli untuk aktivitas potensial melawan Mycobacterium tuberculosis, bakteri yang menyebabkan TBC. Dalam tes laboratorium, konsentrasi ekstrak dari daun mengkudu menunjukkan tingkat penghambatan yang signifikan yaitu menewaskan 89% patogen. Ini sebanding dengan rifampisin, obat yang biasa digunakan untuk mengobati TBC yang memiliki tingkat penghambatan 97 % pada konsentrasi yang sama.

Priperis Crocatum Folium Extract 500mg ( Sirih Merah )
Daun sirih merah merupakan salah satu obat tradisional yang digunakan untuk pengobatan TB. Dasar penggunaan tanaman tersebut adalah sebagai mukolitik (pengencer dahak) karena sirih merah sarat dengan vitamin c , tiamin, niasin, riboflavin, karoten, dan sumber kalsium yang baik. Daun sirih memiliki sifat antiseptik yang luar biasa karena kaya akan polifenol, terutama chavicol yang menawarkan perlindungan ganda dari kuman. Itu juga digunakan secara luas dalam mengobati radang sendi dan orkitis. Sungguh menakjubkan sifat anti-jamur sirih merah sehinga memberikan bantuan instan dari infeksi jamur. Menerapkan pasta daun sirih membunuh infeksi jamur di daerah yang terkena.

Zingiberis Officinalis 625Mg ( Jahe Merah )
Jahe Merah Sebagai Immunomodulator. Kandungan jahe merah khususnya gingerol dan shogaol merupakan senyawa yang bertanggung jawab atas efek immunomodulator. Jahe juga memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan. Selain berfungsi untuk pengobatan TB, jahe merah juga memiliki beberapa aktivitas farmakologis lainnya, seperti :

  1. Mempromosikan fungsi paru-paru normal
  2. Mengurangi pembengkakan dan peradangan paru-paru
  3. Meremajakan vitalitas dan kekuatan paru-paru
  4. Meningkatkan sirkulasi darah.
  5. Membantu paru-paru berfungsi lebih efektif dengan menghilangkan polutan dari saluran udara sebelum mengiritasi paru-paru.
  6. Membantu membersihkan lendir dari saluran udara dan meningkatkan sirkulasi ke paru-paru,
  7. Mengobati paru obstruktif kronik, bronkitis kronis, asma dan infeksi tenggorokan
  8. Membantu dalam pengobatan kanker paru-paru. Sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam Anti-Cancer Agents in Medical Chemistry menunjukkan efek kemo-pencegahan yang menjanjikan dari ekstrak jahe terhadap kanker paru-paru.
  9. Membantu mendetoksifikasi dan membersihkan lapisan pernapasan halus saluran bronkial dan paru-paru yang sering memiliki akumulasi racun lingkungan dan organisme berbahaya.

Languatis Galanga Rhizoma 625Mg ( Lengkuas )
Ref Lengkuas Sindrom Distres Pernapasan Akut 2010 University of California, San Francisco, Institut Penelitian Kardiovaskular, San Fransicso, California. Lengkuas terbukti ampuh dalam pengobatan TB, bermanfaat untuk meringankan asma, batuk dan masalah paru-paru. Juga memiliki memiliki efek antispasmodik yang mengurangi dahak dan melebarkan bronkiolus untuk meringankan asma serta menjaga sistem pernapasan yang sehat.

Lengkuas dibudidayakan sebelum 1000 M di Cina. Pada akhir abad ke-11 ke-12 awal, Saint Hildegard dari Bingen seorang filsuf Jerman menyebut lengkuas bumbu kehidupan dan solusi favorit untuk berbagai penyakit.  Pada tahun 1898, obat ini dimasukkan dalam King’s American Dispensatory deskripsi herbal yang saat ini digunakan dalam praktik medis Amerika. Belakangan, seorang ahli tanaman obat mempublikasikan penggunaan lengkuas untuk pengobatan TB, membrantas penyakit paru-paru, jantung, gangguan pencernaan dan bahkan ketulian.

Indonesia dikenal denga tradisi pengobatan tradisional yang cukup manjur. Sejumlah obat herbal tradisional malah sudah dikenal dan mendunia. Dan di antara beragam jenis obat herbal, kita juga memiliki resep herbal TBC. Resep herbal TBC bekerja membantu mengatasi gejala infeks paru-paru dan membantu mengatasi infeksi tuberkulosis dengan cara alami. Sekian entri kami mengenai tuberkulosis paru pada anak. Semoga dapat membantu ya mom: ) Salam Sehat Denature.

Bagikan informasi tentang Waspada Tuberkulosis Paru Pada Anak kepada teman atau kerabat Anda.

Waspada Tuberkulosis Paru Pada Anak | PENGOBATAN HIV AIDS

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.